SEPUTARMURIA.com, PATI – Sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan profesionalitas guru dalam mengajar, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati menggelar acara Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Guru SD se-Kabupaten Pati di Aula SKB, Rabu (13/09/2017).

Kepala Disdikbud Kabupaten Pati, Sarpan, melalui Kabid Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPTK), Ahmadi mengatakan, pengembangan kompetensi guru di semua jenjang memang sangat penting. Terlebih, saat ini yang digalakkan oleh Mendikbud adalah profesionalitas dalam mengajar.

“Bimbingan teknis peningkatan kompetensi kelompok kerja guru (KKG) ini memang salah satu upaya yang kami lakukan agar guru-guru SD di Kabupaten Pati semakin profesional dalam menjalankan tugasnya. Guru ingin naik pangkat, tentu harus mempunyai kompetensi yang mumpuni,” tegas Ahmadi.

Lebih lanjut, peranan guru tidak hanya menerangkan pelajaran yang ada dalam buku. Guru juga harus bisa menjadi tuntunan dan panutan bagi para siswanya. Pasalnya, pemahaman siswa terhadap teks tidak sepenuhnya tersampaikan apabila tidak disertai dengan tindakan kelas atau praktik.

“Untuk itu, penting sekiranya guru menjadi contoh yang baik bagi anak didiknya. Sebaliknya, kalau guru tidak mampu mengajar secara profesional, tentu dampaknya juga akan berpengaruh terhadap siswa,” tambahnya.

Dalam bimbingan teknis tersebut, dia juga meminta para guru untuk memperhatikan materi yang disampaikan oleh narasumber, terutama dalam hal pengembangan potensi diri dan siswa. Sebab, kunci keberhasilan siswa selain mereka tekun belajar, pengarahan guru juga sangat dibutuhkan.

“Dimanapun keberadaannya, semua guru itu mempunyai tugas yang mulia, yaitu mencerdaskan anak bangsa dan para geberasi muda,” tutupnya.

Penulis: Nur Kholis