SEPUTARMURIA.com KUDUS Ketua Dewan Pengurus  Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fathan Subkhi menyatakan akan mempertimbangkan suara nahdliyin (NU) di Pilbup Kudus 2018 nanti. Hal itu disampaikan saat menggelar silaturahmi antar Pengurus PCNU dan DPC PKB Kudus bersama anggota DPR RI Fathan Subkhi di Hotel @Hom, Rabu sore (13/9/2017).

PKB berharap ada dari kader nahdliyin yang akan maju, baik sebagai calon bupati atau wakil bupati di Pilbup Kudus.

“PKB merupakan anak kandung NU, sehingga setiap keputusan strategis akan selalu dikomunikasikan dengan NU. Termasuk soal Pilkada 2018, khususnya Pilbup Kudus,” kata anggota DPR RI Dapil 3, yang meliputi wilayah Kudus, Jepara dan Demak itu.

Fathan melanjutkan, makanya, PKB akan mengajukan ketua DPC PKB Kudus, Ilwani untuk bertarung di Pilbup Kudus.

“Yang pasti kita akan dukung kader sendiri, baik sebagai calon bupati atau wakil. Karena itu kami minta restu dari NU,” ujarnya.

“Misal diajak koalisi, maka kita akan minta wakilnya dari PKB. Wajib hukumnya dan nggak bisa ditawar,” ungkap pria asli Demak itu.

Terkait banyaknya bakal calon bupati yang mendaftar di PKB, Fathan menyatakan hal itu bagus. Berarti PKB ibarat gadis manis yang banyak diperebutkan .

Salah satu kriteria yang bakal dapat rekomendasi dari PKB, lanjut Fathan, mereka memiliki ketokohan yang kuat.

“Seperti Pak Tamzil, itu bagus ketokohannya. Kita tunggu keseriusannya nyalon.  Karena sampai saat ini beliau belum ke DPP, baru sebatas mendaftar di DPC,” jelasnya.

“PKB sangat mempertimbangkan ketokohan. Karena itu nanti terkait soal elektabilitas,” tandasnya.

Sementara itu, ketua DPC PKB Ilwani menyambut baik biladirinya didorong untuk maju di Pilbup.

“Kudus sudah saatnya dipimpin dari kalangan santri,” katanya.

Penulis: Ali Mahfudz