SEPUTARMURIA.com, PUCAKWANGI Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati  bersama dengan PDAM Tirta Bening dan PMI Pati memberikan bantuan lima tangki air bersih untuk warga Dukuh Rampal dan Dukuh Kawak,  Desa Lumbungmas, Kecamatan  Pucakwangi, Pati, Rabu (13/09/2017).

Pemberian bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Pati Haryanto. Masyarakat yang mendapat bantuan pun turut antre sembari membawa ember dan jeriken untuk persediaan di rumah masing-masing.

Haryanto mengatakan, musim kemarau terjadi di seluruh Pulau Jawa, termasuk juga di Kabupaten Pati. Untuk itu perlu adanya solusi dalam mengatasi kekurangan air bersih, dengan cara mencari sumber air terdekat, membuat sumur bor maupun Pamsimas.

“Sembari mencari sumber air, bantuan ini akan berlanjut sesuai dengan kebutuhan warga Desa Lumbungmas,” ungkapnya.

“Kami harap, droping air bersih ini dapat membantu masyarakat sekitar, dan harus digunakan sebagaimana mestinya. Jangan terlalu dihambur-hamburkan, karena ketersediaan air masih minim,” ujarnya.

Lebih lanjut, bantuan air bersih ini tidak hanya dilakukan di Desa Lumbungmas saja. Desa lain yang terdampak kekeringan juga mendapatkan gelontoran air bersih.

“Kami berharap hujan segera datang, sehingga sumber mata air yang ada di desa-desa yang terdampak kekeringan bisa muncul kembali, sehingga warga tidak kesulitan untuk mencari air,” harapnya.

Penulis: Nur Kholis