SEPUTARMURIA.com, REMBANG – Wacana penempatan pos mobil pemadam kebakaran (Damkar) oleh Pemerintah Kabupaten Rembang saat ini terkendala Tempat dan sumber daya manusia (SDM).

Sebelumnya, Pemkab Rembang telah mewacanakan pengadaan Pos Damkar yang akan ditempatkan di tiga titik. Ketiga titik tersebut yakni timur, tengah, dan barat.

Informasinya, bagian timur akan ditempatkan di Kecamatan Sedan, di tengah akan tetap berada di kecamatan Rembang kota, sedangkan di wilayah barat di Kaliori atau Sumber.

Kendala belum adanya fasilitas kantor dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni ini, memang menjadi kendala utama. Sehingga dalam pelaksanaannya, dipastikan belum bisa dilakukan dalam jangka dekat ini.

“Kami masih ada kendala fasilitas kantor dan SDM. Semoga ini bisa segera teratasi,” ungkap Bupati Rembang, Abdul Hafidz, Sabtu (9/9/2017).

Diketahui, untuk titik Kecamatan Sedan, nantinya akan ditempatkan di bekas kantor Kecamatan Sedan. Karena wilayah itu dinilai lebih efisian untuk bisa menjangkau empat kecamatan sekaligus.

“Di sana tentunya bisa menjangkau Sarang, Kragan, Sedan, dan Sale. Sehingga akan lebih efisien,” paparnya.

Dia menambahkan, hal itu pastinya harus ada  beberapa tahapan untuk bisa menempatkan armada beserta petugasnya di tiga titik tersebut.

“Yang jelas mengenai SDM akan bisa memaksimalkan sumber daya dari ASN yang ada dan akan mendapatkan pelatihan khusus. Sebab untuk menjadi petugas damkar diperlukan skill khusus,” imbuhnya.

Penulis: Edy Sutriyono