SEPUTARMURIA.com, REMBANG – Bila anda melintas di daerah Rembang, tidak ada salahnya jika mencicipi segarnya sirup kawista, khas kota garam ini.

Sirup yang terbuat dari sari buah kawista lalu dicampur dengan gula merah atau gula aren dan air itu, mempunyai cita rasa yang sangat khas. Campuran rasa manis dan asamnya membuat minuman ini sangat pas menemani anda dalam suasana apapun.

Dari informasi yang ada, pohon buah kawista tergolong cukup langka di Indonesia. Sebab pohonnya hanya bisa tumbuh di daerah kering atau panas, seperti Rembang. Yang menanam pun hanya perseorangan dan bukan perkebunan skala besar.

“Minuman sirup sari kawista sudah menjadi ciri khas Rembang. Ya, meskipun buah kawista jarang ditemukan di Rembang, namun minuman ini tidak asing lagi di lidah warga Rembang,” kata salah satu warga Rembang, Rosita.

Hanya saja, ia tak mengungkapkan secara pasti pasokan buah kawista yang ada di Rembang. Namun, ia mengatakan bahwa buah ini juga dapat dibeli di pasar Rembang.

“Buah ini mudah didapat di pasar Rembang. Selain itu, sirup kemasannya juga bisa dibeli di toko oleh-oleh Rembang yang ada di sekitaran kota Rembang,” pungkasnya.

Penulis: Edy Sutriyono