SEPUTARMURIA.com, REMBANG – Kasi Sarana dan Prasana (Sarpras) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Rembang Susanto memastikan, pembangunan ruang kelas baru (RKB) di SD N 2 Sumberejo Rembang, akan dilaksanakan, 2018 mendatang.

Hal itu diungkapkannya pada saat meninjau kerusakan kelas dan ruang guru di SD N 2 Sumberejo Rembang, Rabu (9/8/2017).

“Tahun 2018 mendatang SD N 2 Sumberejo ini akan mendapatkan RKB. Sebab tahun 2017 ini Rembang hanya mendapatkan anggaran dari pusat sekitar Rp 9,3 miliar. Dan itupun untuk fisik khusus rehab dan pengadaan buku. Sehingga tak bisa digunakan untuk membuat lokal baru,” ungkapnya.

Selain itu, setelah dikroscek, ternyata ruang ini mengalami 65 persen kerusakan. Sehingga harus direhab total dan tidak bisa direhab menggunakan anggaran itu.

“Sekarang juknisnya itu melalui Perpres (Peraturan Presiden). Beda dengan sebelumnya, bisa diteken oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga kita usulkan ke Pusat dan baru di 2018 akan mendapatkan dua RKB,” ungkapnya.

Kemudian saat disinggung mengenai anggaran dari pemerintah daerah, pihaknya mengutarakan bahwa saat ini tidak ada dana pendamping dari APBD setempat.

“Saat ini untuk itu tak ada dana pendamping APBD. Sehingga semuanya dari Pusat,” ucapnya.

Dia menambahkan, di tahun sebelumnya mulai dari 2016 ke belakang, memang setiap daerah ditawari terlebih dahulu dan bisa memilih.

“Tawarannya mengenai rehab sekolah dan fasilitas lainnya. Namun mulai 2017 semua urusan itu diseleksi pusat,” pungkasnya.

Penulis: Edy Sutriyono