SEPUTARMURIA.com, Margorejo – Keberadaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) harusnya bisa menjadi jembatan untuk mengajarkan budaya hidup sehat kepada peserta didik. Mengingat, upaya menjaga kesehatan ini mestinya sudah harus diajarkan sedini mungkin.

“Pada anak usia TK dan SD, harusnya sudah mulai diajarkan tentang kebersihan perorangan dan lingkungan, seperti gosok gigi yang baik dan benar, kebiasaan cuci tangan memakai sabun, serta membersihkan kuku dan rambut,” beber R. Boesro Nirmolo, Ketua Guru UKS (KGUKS), ketika menjadi narasumber di kegiatan Pelatihan Pengelolaan UKS di Sekolah di PAUD Bintang Kecil, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, lanjut Dia, pelaksanaan UKS di dalam lingkup sekolah bisa difokuskan pada memupuk kebiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sedini mungkin.

“Maka dari itu, sekolah diharapkan bisa bekerja sama dengan staf Puskesmas (health center) dalam melaksanakan beberapa kegiatan UKS,” tambah Boesro

Saat ini, WHO sebagai organisasi kesehatan dunia telah mencanangkan konsep sekolah sehat  yaitu  sekolah yang telah melaksanakan UKS dengan ciri-ciri melibatkan semua pihak yang berkaitan dengan masalah kesehatan sekolah. (Er)