Seputar Muria, Pati – Presensi Online yang diperuntukkan Aparatur Sipil Negara (ASN) guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pati akan dilaksanakan mulai tahun depan. Pasalnya, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pati baru akan mengusulkan anggaran pengadaan alat presensi online paling cepat tahun depan.

Kepala BKPP Jumani melalui Kabid Formasi dan Jabatan Muhammad Ikmal mengatakan, pengadaan peralatan finger print akan disesuaikan dengan alokasi anggaran 2018. Maka dari itu, Pihaknya sampai saat ini masih melakukan perencanaan formulasi anggarannya.

“Jumlah sekolah di kabupaten Pati tingkat SMP dan SD kan tidak sedikit. Jadi belum tentu akan dianggarkan semuanya. Makanya kami akan lakukan pengadaan tersebut secara bertahap,” kata Ikmal.

Dia menyampaikan, untuk sekolah tingkat SMA sederajat sudah tak menjadi kewenangan kabupaten, sehingga tidak masuk dalam perencanaan alokasi pengadaan alat presensi Online.

“Kalau alokasinya mencukupi, pengadaan alat di tingkat SD akan dilakukan. Bila tidak, didahulukan SMP,” imbuhnya.

Sejauh ini, menurut Ikmal, pengadaan sudah ada di tingkat OPD hingga unit pelaksana teknis (UPT) dinas Pendidikan di masing-masing kecamatan. Makanya, presensi Guru ini baru bisa dilakukan di masing-masing UPT. Selain, mereka juga diberi kemudahan dengan masih adanya presensi manual.

“Para ASN Guru harap bersabar, sambil menunggu adanya alat presensi Online itu,” tukas Ikmal (Muh)