BPJS Pati Luncurkan Layanan Skrining Kesehatan Mobile

seputarmuria.com, Pati – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Pati meluncurkan layanan skrining kesehatan berbasis mobile untuk deteksi dini terhadap resiko penyakit yang diderita para peserta. Peluncuran ini dilaksanakan bersamaan dengan acara sosialisasi di Hotel New Merdeka, Jumat (27/1).

kepala BPJS Kabupaten Pati, Rahmad Widodo menerangkan, program mobile skrining ini ditujukan untuk masyarakat yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Harapanya, dengan layanan ini, pihaknya bisa memetakan peserta berdasarkan risiko penyakit yang bisa diketahui melalui sebuah aplikasi.

“Lewat aplikasi yang bisa diunduh via Playstore tersebut bisa mendeteksi empat penyakit, yaitu Diabetes Mellitus, Hipertensi, Ginjal Kronik, dan Jantung Koroner,” bebernya.

Ia melanjutkan, tadinya, pelaksanaan skrining riwayat kesehatan dilakukan melalui pengisian formulir skrining yang dilakukan petugas dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Namun saat ini, pihaknya telah mengembangkan pelaksanaan skrining riwayat kesehatan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile atau yang biasa disebut dengan mobile skrining.

“Peserta dengan hasil skrining riwayat kesehatan resiko sedang atau tinggi terhadap penyakit Diabetes Mellitus, berhak mendapatkan pelayanan pemeriksaan Gula Darah (GDP/GDPP) di FKTP tempat peserta terdaftar,” terangnya.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pati, Desmon Hastiono mengaku sangat mendukung dengan layanan terbaru ini. Selain bisa digunakan untuk mengetahui potensi penyakit, para peserta juga bisa lebih antisipatif terhadap kemungkinan adanya penyakit di tubuhnya.

“Oleh karena itu, saya berharap, pimpinan perusahaan dan instansi-instansi, agar bisa menginstruksikan pegawai-pegawainya untuk menggunakan mobile skrining tersebut. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati,” tutup Desmon. (ER)